Example floating
Example floating
BERITAPolitik

Tingkatkan Kapasitas sekolah, Kepala Sekolah SMA, SMK Se kota Jayapura Ikuti Workshop Merdeka Belajar

196
×

Tingkatkan Kapasitas sekolah, Kepala Sekolah SMA, SMK Se kota Jayapura Ikuti Workshop Merdeka Belajar

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Perencanaan Berbasis Data Bagi Kepala SMA, SMK, Se-Kota Jayapura.

Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Nur Bi Adji mengatakan Pendidikan adalah pilar utama dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas serta fondasi bagi kemajuan suatu bangsa.

Oleh karena itu, dalam satuan pendidikan diperlukan seorang kepala sekolah yang berkompeten.

” Ditengah perubahan pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, maka kepala sekolah dan wakilnya perlu mendapat pembekalan tentang implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan sebagai langkah awal yang strategis untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola sekolah-sekolah.” Katanya

Dikatakan Di era perubahan yang sangat cepat tantangan yang kita hadapi, kurikulum merdeka memberikan kita ruang untuk berinovasi tetapi juga menuntut kita untuk lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan siswa dan tenaga pendidik.

Dengan demikian Kepala sekolah diharapkan mampu membangun tim kerja yang solid dengan libatkan guru dan staf dalam pengambilan keputusan untuk menciptakan suasana sekolah yang aman,nyaman dan dinamis bagi tempat belajar siswa.

“Oleh karena itu kita perlu memastikan bahwa guru guru tidak hanya terlatih dalam kurikulum baru,tetapi juga memiliki akses ke sumber daya yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran.Maka dalam worskhop ini dapat meningkatkan pelatihan guru dan kolaborasi antar sekolah.”Pungkasnya

Ia berharap Workshop ini akan bermanfaat dan membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan di Tanah Papua.

Sementara itu Kabid SMA/SMK Kota Jayapura Nur Jaya mengatakan Asesmen Nasional merupakan sarana evaluasi bagi kualitas layanan Pendidikan dari satuan pendidikan yang mencakup kemampuan dasar yaitu Literasi,Numerasi,Karakter peserta didik,kualitas pembelajaran,dsn Iklim lingkungan belajar yang akan tertuang pada Raport pendidikan.

” Dari raport pendidikan maka maka akan terlihat indikator-indikasi yang perlu dibenahi atau perlu ditingkatkan,sehingga disini akan dilakukan perencanaan-perencanaan masing-masing disatuan pendidikan berdasarkan data di Raport Pendidikan yang bisa di akses oleh pemerintah daerah.”

Tujuan penguata Implementasi Kurikulum Merdeka diantaranya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh dan menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan Revolusi Industri.

” juga memberikan keleluasan kepada pendidik dan mendorong meningkatkan kreatifitas pendidik guna terciptanya pembelajaran yang berkualitas.”

Sementara tujuan Pendampingan Perencanaan Berbasis Data yakni mencapai peningkatan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

Kabid SMA/SMK ini berharap Output yang didapat yakni meningkatnya kemampuan dasar peserta didik yaitu Literasi dan Numerasi serta semakin baiknya karakter peserta didik yaitu berkarakter Pancasila.

” adanya data yang valid,akurat dan relevan sesuai dengan kondisi yang ada dan sesuai dengan kebutuhan setiap satuan Pendidikan.”Pungkasnya (ER)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!