Example floating
Example floating
KABAR SENTANI

Pasar Lama Sentani, Pusat Perekonomian yang Terlupakan 

274
×

Pasar Lama Sentani, Pusat Perekonomian yang Terlupakan 

Sebarkan artikel ini
Sejumlah kendaraan yang melintas di jalan rusak yang ada di Pasar Lama Sentani. Foto : Ari Bagus Poernomo
Example 468x60

Paraparatv.id |Sentani| – Kondisi jalan di Pasar Lama Sentani kian hari kian miris dan seakan dilupakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura. Dimana terdapat sejumlah lubang besar di jalan tersebut.

Pasar ini pernah menjadi pusat perekonomian bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura sebelum dipindahkan ke Pasar Phara beberapa tahun lalu.

Selain jalan yang rusak parah, saluran drainase yang ada di Pasar Lama Sentani juga tidak bekerja dengan baik yang mengakibatkan sering terjadinya banjir di kompleks itu ketika hujan deras turun.

Berdasarkan informasi dari warga, sering ada pengendara sepeda motor yang jatuh saat melintas di jalan berlubang yang ada di Pasar tersebut.

Meski jalan yang ada di Pasar Lama Sentani ini bukanlah akses jalan utama untuk menuju dermaga Yahim dan sejumlah Perumahan yang ada di Kelurahan Hinekombe namun masyarakat yang ada di Kota Sentani berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dapat segera memperbaikinya.

Hal ini dimaksudkan agar kedepan tidak ada lagi pengendara sepeda motor yang jatuh ataupun tertabrak oleh kendaraan lain ketika melintasi jalan yang rusak itu.

Ketua RT 02 / RW 03 Kelurahan Hinekombe, H. Syukur saat ditemui mengemukakan bahwa jalan itu sudah rusak dalam 2 tahun terakhir.

H. Syukur juga mengemukakan bahwa pada tahun 2022 lalu pihaknya secara swadaya dengan pedagang yang ada di Pasar lama Sentani telah melakukan perbaikan.

“Tapi karena perbaikan yang kita lakukan ini secara swadaya saja jadi hasilnya juga kurang bagus jadi rusak lagi seperti sekarang ini” katanya, Rabu 04 September 2024.

“Tidak pernah ada yang tabrakan atau jatuh, kalau jatuh sendiri karena mabuk iya, tapi kalau jatuh saat lewat atau tabrakan tidak pernah” tambahnya.

Disinggung mengenai drainase, dirinya menambahkan bahwa sering terjadi luapan dari drainase yang ada di Pasar itu.

Meski kata dia banjirnya tidak terlalu besar tetapi cukup mengganggu aktifitas pedagang yang berjualan di pasar lama Sentani. (Arie)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!