Example floating
Example floating
KABAR LANNY JAYA

Alpius Yigibalom: Jadikan Kota Tiom Sentra Produksi Pertanian Bawang Merah

307
×

Alpius Yigibalom: Jadikan Kota Tiom Sentra Produksi Pertanian Bawang Merah

Sebarkan artikel ini
Pj Gubernur Papua Pegunungan Velix Wanggai dan Pj Bupati Lanny Jaya Alpius Yigibalom saat bersama petani menanam bibit baang merah
Example 468x60

Paraparatv.id | Tiom | Penjabat Gubernur Papua Pegunungan bersama Penjabat Bupati Lanny Jaya melakukan penanaman Bawang Merah Kelompok IR Lanny distrik tiom Lanny jaya, Jumat (2/8).

Secara keseluruhan pihaknya juga memberikan bantuan kepada petani bawang sebanyak 3000 bibit bawang yang akan ditanami lahan seluas 3 hektar.

” Ini merupakan hal yang baru, peradaban baru bagi orang lani jaya. Karena setelah saya cek salah faktor yang mendukung inflasi daerah adalah bawang merah ini. Tanah kita subur yang bisa kita tanami bawang dan cabe serta komoditas lainnya,” Ucap Alpius Yigibalom.

Dengan membuka lahan pertanian bawang merah nantinya pemerintah daerah akan membeli hasil kebun masyarakat tersebut dan akan dijual lagi dan akan diakomodir oleh BUMD atau koperasi.

“Masyarakat tentukan berapa harga bawang merah per kilonya mau dijual dan kita akan beli dan kemudian kita akan jual kembali,” Katanya lagi.

Saat ini Masyarkat Lanny jaya baru memulai penanam dan 3 bulan kemudian baru akan panen dan melihat hasilnya.

” Untuk saat ini kita baru mulai jadi mungkin hasilnya baru bisa dijual dan dirasakan masyarakat sekitar tiom saja tapi nanti kedepannya kita akan jual sampai ke kabupaten Tolikara,” Pungkasnya.

Bawang merah Lanny jaya memiliki ciri khas tersendiri, dimana ukuran bawang merah tiom lanny jaya lebih besar dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia dan ini dapat menjadi harga jual yang baik bagi Pemda Lann Jaya.

Pihaknya juga akan menjadikan kota Tiom sebagai sentra produksi pertanian bawang merah.(Gr)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!